jump to navigation

Ndiswrapper “Cara Menggunakan Windows Wifi Driver di Linux” 14 Maret 2009

Posted by cemynotes in ubuntu.
Tags: , , ,
trackback

wifiPernah punya pengalaman setelah menginstall ubuntu atau distro linux lainnya WiFi Card anda tidak terdetect? padahal di windows berjalan dengan baik? Coba gunakan ndiswrapper untuk mengatasi masalah tersebut. Tool Ndiswrapper ini sangat berguna apabila WiFi Card anda tidak dapat terdeteksi di sistem linux. Dengan Ndiswrapper anda dapat menggunakan driver WiFi Card Windows yang disertakan dalam CD penjualan. Berikut cara penggunaannya:

  1. Install paket ndiswrapper-common dan ndiswrapper-utils menggunakan Synaptic atau dari terminal ketikkan; $ sudo apt-get install ndiswrapper-common ndiswrapper-utils
  2. Pada terminal, masuk ke folder tempat anda menyimpan windows driver wifi card (jika masih di CD copykan terlebih dahulu ke harddisk), cari file yang berekstensi .inf/.INF,
  3. kemudian ketikkan perintah; $sudo ndiswrapper -i [nama_driver].INF
  4. Untuk melihat driver yang telah terinstall dengan benar di sistem ketikkan perintah;  $sudo ndiswrapper -l
  5. Selanjutnya masukkan ndiswrapper ke dalam modul agar dapat diload ketika booting pertama kali dengan perintah; $sudo ndiswrapper -m
  6. Untuk menghindari konflik dengan driver bawaan pada Ubuntu (kadang hal ini terjadi), Non-aktifkan driver bawaan Ubuntu tersebut dengan memasukkannya kedalam   /etc/modprobe.d/blacklist.
  7. Restart komputer anda untuk melihat perubahan

About these ads

Komentar»

1. Salim - 9 April 2009

Ndiswrappernya bisa didapatkan di mana?

cemynotes - 10 April 2009

jika anda pengguna ubuntu dan ndiswrapper belum terinstall coba ketikkan sudo apt-get install ndiswrapper atau jika anda pengguna distro selain ubuntu bisa di download di http://sourceforge.net/projects/ndiswrapper/

2. yose - 18 Oktober 2009

saya pendatang awam masih bingung instal wifi tipe TL WN 322 menggunakan ndiswrapper di linux bacrtrak

cemynotes - 13 Desember 2009

wah..saya belm nyoba backtrack..tp bisa juga download ndiswrapper dalam bentuk tar.gz, trs extrax dan baca manual instalasinya..karena backtrak kalo ga salah turunan slakware..

3. rox - 2 Juli 2010

tlg lbh jelas crx agar g konflik sm driver bawaan ubuntu

cemynotes - 19 Juli 2010

ndiswrapper hanya dipakai jika wlan tidak berfungsi di komputer atau notebook anda, tetapi jika berfungsi dengan baik tidak perlu menginstall driver menggunakan ndiswrapper. Jadi dipakai hanya jika wlan card tidak di suport oleh linux, jd kecil kemungkinan konflik dengan driver bawaan linux. jika ingin lebih mengetahui opsi penggunaan/perintah ndiswrapper coba baca di manual… dr terminal ketik
$ man ndiswrapper

4. jems - 7 November 2010

salam semua..
keknya mirip2 dengan punya gw neh,
sejak awal setelah update lucid, wlan0 sering masalah, ada hal yg cukup aneh bagi sy, 1 HDD murni ubuntu lucid 64bit, 1 HDD lagi lucid 32bit berbagi dengan win7.
lucid 64 sy update via wifi(konek pake wifi) setelah selesai, sy coba konek di eth0(colok kabel UTP), g bisa sama sekali konek (no network) dibacanya.
HDD gw ganti n lucid 32 on, update di eth0, sukses terupdate, konek ke wifi g bisa, terbaca ada sinyal AP tp g bisa konek (wifinya sama yg sy pake di lucid 64) statik n DHCP dah saya coba.
saya pake win7 g ada masalah sama sekali, entah di eth0 ataupun di wlan0

waktu saya pake intrepid tandem winXP g pernah ada masalah, hardware g ada yg berubah
sy pake card intel 3945ABG


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: