jump to navigation

dd, ‘Kecil-kecil Cabe Rawit’ 3 Februari 2009

Posted by cemynotes in Linux & Open Source.
Tags: , ,
trackback

Kok judulnya begitu? Apa maksudnya?🙂 . Begini lho, dd ini salah satu program yang berguna untuk mengcopy sebuah file ke file lain tapi dengan fleksibilitas yang mengagumkan. Mengapa bisa begitu? Karena dd jalannya di linux, linux itu mempunyai sistem yang sangat fleksibel. hehehehe… (nyambung ga sih?)🙂 Baca terus deh!

Sekarang lupain aja testimoni di atas, yang penting kita bisa tau dd itu apa dan digunakan untuk keperluan apa. Gitu aja kok repot. Pada dasarnya dd tugasnya melakukan kegiatan copy mengcopy file tapi dengan cakupan dan pengertian yang sangat luas. Tapi saya tidak akan membahas secara mendetail apa saja kegunaan dd. Tujuan saya disini akan menjelaskan bagaimana dengan program sekecil dd ini bisa membuat image data yang ada di sebuah CDROM, sehingga bisa menghasilkan file berbentuk ISO. Banyak sih program lain yang berjalan di GUI yang bisa melakukannya tapi malah jadi ribet klik sana, klik sini. Belum lagi besar programnya yang bisa berpuluh-puluh kali lipat dari dd.

Sekarang prakteknya. Install lagi? ga perlu, hampir semua distro telah menyertakan program dd ini ke dalam distribusi mereka. Sehingga tinggal jalankan saja.

Umpamanya anda ingin mengcopy CDROM GAME kesayangan anda, kita dapat melakukannya dengan mudah dengan dd. Bukan berarti saya mengajak dan mengajarkan anda untuk membajak, disini yang penting niat.

Langkah pertama masukkan CD ke drive CDROM dan kedua buka terminal. Ketikkan perintah berikut :

$ dd if=/dev/cdrom of=cdgames.iso — (sesuaikan device drive CDROM anda).

Tunggu prosesnya beberapa saat. Nah sekarang jadi deh file image dari cd games anda. Untuk burn gunakan program k3b atau gnomebaker.

Ini hanya hal kecil yang bisa dilakukan oleh program dd, masih banyak lagi yang dapat dilakukan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: