jump to navigation

dpkg-split ‘Pecahkankan File dan Satukan Kembali 3 Februari 2009

Posted by cemynotes in ubuntu.
Tags: , , ,
trackback

Suatu ketika saya pernah mengcopy file yang ukurannya lumayan besar dari komputer teman dan ingin saya copykan kedalam sebuah flash disk dengan kapasitas 64 MB. Sayangnya ketika saya ingin mengcopy ternyata file teman saya itu lebih besar dari kapasitas flash disk saya. Ingin share lewat jaringan, komputer teman saya tidak terhubung ke jaringan, terus apa akal? Debian menawarkan sebuh solusi dengan program dpkg-split. Untung juga komputer teman saya menggunakan ubuntu jadi dpkg-split telah terinstall di komputernya. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Dari terminal kita masuk ke direktori tempat file disimpan dan kemudian gunakan perintah :

$ dpkg-split -s <nama_file> .

Keluarnya akan seperti ini:

Split package <nama_file> into 15 parts : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 done

nah setelah itu coba lihat file yang dihasilkan dengan perintah

$ ls -l

<nama_file>_all.15of15

<nama_file>_all.14of15

<nama_file>_all.13of15

<nama_file>_all.12of15

.

.

.

<nama_file>_all.1of15

Secara defaul dpkg-split memecah file menjadi sedemikian banyak dikarenakan default ukuran pecahannya adalah 450 Kb. Untuk merubahnya kita dapat menambah option tertentu kedalam perintah dpkg-split. Contohnya :

$ dpkg-split -S 1000 -s <nama_file>

Maksudnya kita memecah setiap pecahan file menjadi 1000 Kb. Sekarang jika telah selesai tinggal menggabungkan kembali file hasil pecahan tadi dengan perintah berikut:

$ dpkg-split -j <nama_file>.*

Selesai, walau harus 2 kali bolak balik mengambil file tapi yang penting filenya udah tersimpan di komputerku🙂

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

