jump to navigation

Setelah Install Ubuntu, Lenovo S10 Blank 9 April 2009

Posted by cemynotes in petroh haba, ubuntu.
Tags: , , ,
trackback

lenovos10Kejadian ini berawal ketika salah seorang atasan saya ingin netbook lenovo s10 miliknya bisa di install ubuntu. Yah jujur saja sebagai pengguna ubuntu saya dan teman-teman sering mempromosikan ubuntu sebagai sistem operasi sebagai pengganti windows. Yah bayak yang kita ceritakan tentang untungnya mempunyai sebuah sistem yang legal, solid dan yang paling sering kami banggakan bahwa ubuntu atau linix pada umumnya sangat bebas dari virus. Ini terbukti dari tak pernah tersentuhnya file-file yang berekstensi doc atau xls di komputer kami oleh virus windows.

Maklumlah, sebagai pekerja kantoran, saling berbagi file bukan lagi hal yang aneh. Sehingga rentannya satu komputer terinfeksi virus sangatlah rentan. Hingga suatu saat komputer komputer yang ber OSkan windows hampir semuanya lumpuh karena serangan virus. Sebenarnya jika mereka rajin mengupdate antivirus yang ada tentu bisa meminimalkan serang virus tersebut. Aduh ngelantur kemana mana deh..hehehehe.. Tapi imbasnya banyak dari teman teman meminta untuk di installkan linux saja di komputer mereka. Mengingat komputer saya dan beberapa teman pengguna linux aman aman saja dari serangan virus, padahal aktifitas pertukaran data juga kami lakukan.

Nah termasuk atasan saya ini yang meminta netbook Lenovo S10 nya agar bisa di jalankan linuk dalam hal ini ubuntu. Jujur saja saya mengetahui ubuntu yang saya punya saat ini bukan versi remix yang memang di khususkan untuk netbook, tapi ubuntu 8.10 intrepid ibex versi desktop. Dan saya telah menjelaskan mungkin nantinya setelah menginstall ubuntu ada beberapa hardware yang tidak terdeteksi kepada atasan saya dan beliau tetap bersikeras agar netbooknya di install ubuntu.

Akhirnya setelah mendapat jaminan beliau saya langsung menginstall ubuntu sebagai mana biasanya. Saya juga membagi partisi dengan gparted agar bisa mendapatkan 1 partisi untuk linux dan 1 partisi untuk swap. Saya tidak menjelaskan proses penginstallan disini.

Singkat cerita setelah selesai netbook meminta untuk mereboot sistem yang baru terinstalasi. Sebagai tambahan saya menginstall dengan menggunakan DVD eksternal. Permasalah baru muncul setelahnya, setelah reboot, netbook tidak bergeming sedikit pun, yang terlihat hanya layar hitam..BLANK..

Percobaan pertama saya mencoba merestart dengan menekan tombol power. Setelah restart lenovo S10 punya si bos belum juga menunjukkan tanda tanda masuk ke dalam sistem. Jangankam masuk ke sistem, apapun tidak kelihatan, seperti sebelumnya BLANK..

Percobaan kedua saya mematikan netbook dan menunggu beberapa saat agar panasnya hilang (maksdunya sapa tau karena panas si netbook ngambek ga mo jalan hehehe..). Tapi setelah menunggu beberapa saat dan menghidupkan kembali si netbook, hasilnya juga nol besar… wahhhhhhhh..

Percobaan ketiga, saya melihat lampu indikator baterai terlihat beda dari sebelumnya, yang mana lampu baterai berwarna biru tapi kali ini berwarna biru kemerah merahan.. berawal dari tanda tersebut saya berpikir, mungkin dengan melepas baterai bisa menjadi jawaban dari kejadian ini. Akhirnya baterai saya lepaskan, dan tak berapa lama memasangnya kembali. Dengan hati hati saya mencoba menekan tombol power…HOP LA… ABRAKAADABRA.. si sakit lenovo berhasil bangun dari komanya… hehehe… duh senang nya (gimana ga, soalnya netbook  si bos).

Kesimpulan apa yang bisa diambil dari kejadiaan ini ya? Mungkin sebaiknya sewaktu menginstall jangan menancapkan dulu kabel power. Atau memang baterai dari lenovo S10 si bos bermasalah..hmmm ntah lah. Bisa jadi jika terjadi hal yang sama terhadap anda penanganannya berbeda dari yang saya alami. Jika ada kejadiaan yang sama tapi mempunyai cara berbeda tolong sharing ya…

Alhamdulillah deh akhirnya si bos dah menggunakan ubuntu sekarang..

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

