jump to navigation

Modem Terkoneksi Tapi Tidak Bisa Browsing? 20 Oktober 2009

Posted by cemynotes in ubuntu.
Tags: , , , , ,
trackback

error browsingBiasanya saya melakukan koneksi ke internet menggunakan 2 cara, jika di kantor saya menggunakan fasilitas wifii yang disediakan kantor dan jika di rumah menggunakan modem hsdpa untuk browsing atau aktifitas internet lainnya. Kedua cara tersebut saya gunakan dengan notebook yang sama dengan sistem Ubuntu. Baru-baru ini saat saya akan melakukan browsing di rumah menggunakan modem hsdpa saya mengalami kegagalan. Aneh memang, karena ketika di kantor saya bisa melakukan browsing dengan normal tanpa kendala apapun menggunakan wifii. Sebelum kejadian ini saya sempat mengupdate sistem ubuntu dengan koneksi wifii (kantor). Apa ada hubungannya saya juga kurang memahaminya.

Keanehan kedua, modem dapat terkoneksi dengan baik ke internet dengan kondisi lampu indikator koneksi menyala dengan baik. Kemudia IP dinamic yang di berikan ISP pun sudah di tampilkan/didapat. Tapi ketika firefox dibuka tidak bisa melakukan browsing sebagaimana biasa. Saya mencoba melakukan ping ke alamat tertentu (yahoo.com) tapi juga tidak bisa. Padahal sebelumnya semuanya lancar lancar saja saat saya browsing dengan modem saya.

Bedasarkan pengalaman selama ini biasanya jika koneksi lancar / modem / jaringan telah terkoneksi tetapi tidak bisa browsing atau melakukan ping ke suatu alamat, permasalahannya ada pada pengisian DNS. Saya mencoba melihat konfigurasi DNS di resolv.conf. Tidak terlihat ada keanehan karena DNS dari provider telah tertera di resolv.conf.

Terakhir saya mencoba melihat konfigurasi network connection.

Screenshot-Network Connections

Ketika saya melihat pada bagian IPv4 Setting — Method, di sana tertera Automatic (PPP) addresses only. Dengan DNS Server telah tercantum di dalamnya. Dengan cara ini kita bisa menentukan sendiri DNS yang kita mau. Akhirnya saya mencoba mengganti Automatic (PPP) addresses only dengan Automatic (PPP). Dengan maksud agar nomor DNS nya bisa ditentukan sendiri secara otomatis. Setelah itu saya kembali mencoba untuk browsing. Hehehehe…Alhamdulillah..berhasil. Dengan memberi keleluasaan sitem untuk menerima DNS otomatis dari provider ternyata baru berhasil.

Screenshot-Editing Network Connection

Komentar»

1. Dhani - 17 November 2009

nah, kalo itu selalu saya lakukan di ubuntu, selalu menggunakan Automatic (PPP), soalnya saya pernah mengalami hal sama

cemynotes - 13 Desember 2009

hehehe…iya..

2. rezza - 2 Juni 2011

mau tanya mas. permasalahan saya juga seperti itu, bisa konek tapi ga bisa browsing. saya pengguna im2. sampe” saya instal ulang laptop. eh malah gitu lagi. mohon bantuanya mas… makasih

cemynotes - 3 Juni 2011

Jika masih bermasalah isikan saja dnsnya secara manual. Untuk dns bisa browsing di inet. Atau cara lain,jika diwindows berjalan dgn baik,copy/catat saja dnsnya,terus masuk ke ubuntu dan isikan kembali dns yg dicatat td secara manual.

3. KOS KOMPUTER BLOG'S - 4 Desember 2011

Kalau di windows gimana mas ? Saya bisa melakukan koneksi ke internet, software pinger pun aktif dan mendapat balasan.. Tetapi ketika membuka browser, ga bisa apa2..

cemynotes - 4 Desember 2011

Kalau ngping bs..brarti ga ada masalah dgn konelsi..bs jd browsernya crash..cb uninstall n install ulang browsernya. Cr lain pakai browser yg brbeda utk membuktikannya. Cntoh kl skrg make ie cb pake crome or firerox.

cemynotes - 4 Desember 2011

Kl ngping bs brarti ga ada masalah dgn koneksi. Kemungkinan browser crash, cb uninstall dan install ulang. Cr lain utk membuktikanya cb pakai browser lain. Cnth skrg make ie, ganti dgn crome, firefox or opera.

4. KOS KOMPUTER BLOG'S - 4 Desember 2011

Iyah mas tapi begitu kasus saya, pake ie ataupun mozilla tetap saja macet di menunggu. Padahal pingernya stabil

cemynotes - 12 Desember 2011

Mgkn ada file sistem yg rusak..repair win dgn cd booting..

5. irma - 14 Januari 2012

OK q cb dlu,,
mga ja bs..
soalnya kemarin nyoba bisa, td siang nyoba lagi lha kok gak bisa browsing,,
huuft

6. Izza - 12 Mei 2012

Wah kalau saya malah kebalikannya mas,
kalau pakai modem speedy bisa dan lancar,

tapi kalau wi-fi katanya udah terkoneksi tapi nggak bisa browsing internet. padahal laptop lain bisa. dan bukan berlaku di satu wi-fi saja, di semua wi-fi terkoneksi tapi nggak bisa browsing.

ini ada masalah apa ya?

cemynotes - 4 Agustus 2012

coba lihat setting dns nya mba..mungkin juga ip nya sudah diset manual, cb rubah ke automatic.

7. jeff - 15 Juli 2014

bnyk cara lain dah gw coba tpi ne yg biza

cemynotes - 23 Juli 2014

¨¨ўūþ¨☺≈•¨¨ўūþ¨☺≈•


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: