jump to navigation

Memperbaiki Boot Loader Wubi Ubuntu (Error Grub Rescue) 4 Maret 2013

Posted by cemynotes in Linux & Open Source, ubuntu.
Tags: , , , , , ,
trackback

Mengintall ubuntu dengan wubi memang menyenangkan, karena tak perlu harus merubah BIOS untuk melakukan perubahan startup booting. Selain itu tidak perlu harus membuat partisi baru di hardisk untuk menginstal ubuntu. Tetapi jangan senang dulu, baru-baru ini saya mengalami masalah dengan sistem Bootloader ubuntu yang awalnya tersedia untuk boot Windows 7 dan Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin). Nah ubuntu 12.04 saya install dengan menggunakan wubi. Karena ada kesalahan selama instalasi sebuah aplikasi di ubuntu, tanpa saya sadari telah meyebabkan bootloader rusak. Sehingga muncul error yang membuat saya pusing tujuh keliling (belum 8 keliling hehehe). Setelah googling sana sini dan melakukan berbagai percobaan akhirnya 2 hari baru terselesaikan…ahhhhh…lelalah tapi menyenangkan setelah teratasi masalahnya.😀

Ini dia tampilan yang muncul ketika BootLoader bermasalah…

gambar grub error

Cara penanganan setelah 2 hari try and error cara berikut inilah yang berhasil. Perlu di ingat dalam kasus ini penginstallan ubuntu 12.04 di lakukan dengan bantuan wubi dan di install di drive C: bersama dengan Win 7. Jadi jika masalah yang menimpa anda berbeda maka mohon di sesuaikan, atau mencari penanganan lain yang banyak di temui di internet.

Ok lanjut…

Nah yang wajib anda punyai

  1. Live CD / Live USB Ubuntu 12.04 (sesuaikan dengan ubuntu anda)
  2. Jaringan internet (LAN, Wifii)

Masukkan CD/USB-FD dan setting BIOS agar bisa memboot dari salah satunya (CD/USB FD). Setelah masuk ke desktop, buka terminal dan bersiap menginstall aplikasi Boot Repair dengan cara mengetik perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair
sudo apt-get update
sudo apt-get install boot-repair

Setelah terinstall, jalankan aplikasi Boot-Repair.

boot repair

Boleh pilih Recommended Repair atau bisa juga setting secara manual dulu dengan mengklik Advance Option (jika anda mengerti boleh setting, jika tidak abaikan saja).

boot repair 2Bisa saja nantinya di Main Option yang tampil hanya menu Restore MBR dan Menu reinstall GRUB tidak muncul. (pada kasus saya Menu Reinstall Grub tidak muncul, sehingga terpaksa memilih restore MBR. Untuk permasalahan seperti gambar di atas tinggal menekan tombol apply dan setelah selesai perbaikan restart kembali Komputer dan Grub akan kembali seperti semula.

Nah jika permasalahan seperti yang saya alami, Boot-repair hanya bisa merestore MBR maka harus lanjut kelangkah berikutnya. Karena setelah restart komputer akan langsung masuk ke Windows tidak akan menampilkan Grub Loader. Terus Bagaimana caranya? Lanjut…

Setelah masuk ke Windows, pertama tama cari dan download di internet aplikasi EasyBCD. Setelah itu install dan jalankan. Di bawah ini tampilan EasyBSD

easy BSD

Masuk ke Add/Remove Entry (versi terbaru ADD New Entry), kemudian pilih tap Linux/BSD. Pada bagian Type pilih wubi (karena kita menginstall ubuntu dengan wubi). Pada bagian  Name isikan Ubuntu 12.04 (terserah anda). Lanjut dengan menekan tombol Add Entry. Masuk ke menu Edit Boot Menu. sekarang anda telah mempunyai dua OS yaitu Windows dan Ubuntu 12.04. lanjut dengan menekan tombol save.

Ini belum selesai, jangan coba coba merestart komputer setelah melakukan hal di atas, anda akan mengalami error lagi. Sabarrrr.. (orang sabar di sayang bloger hehehe).

Masuk ke command promt windows (CMD). Anda harus menjadi administrator untuk melanjutkan penyelesaian berikut. caranya klik kanan pada command promt, terus pilih run as administrator. Setelah CMD terbuka ketik bcdedit.

cmd bcdeditPerhatikan yang sudah dilingkari merah. Kemudian lanjut dengan perintah berikut.

bcdedit /set {device_id} partition=X:

{device_id} = ganti dengan nomor indentifier,

untuk X sesuaikan dengan partisi ubuntu anda, tapi jika ubuntu di install di C; abaikan langkah di atas.

cmd bcdedit 2

lanjut…

masukkan perintah berikut :

bcedit /set {device_id} path \your_ubuntu_path\winboot\wubildr.mbr

cmd bcdedit 3Nahhhh…jika muncul the operation completed successfully…anda suksessss.. congratulation !!!

Tutup CMD dan reboot..

Can U See BootLoader now….😀

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: